jump to navigation

Makalah-2 DASAR-DASAR PENDIDIKAN KARAKTER DAN PERKEMBANGAN DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM Maret 16, 2013

Posted by wawasanislam in Prosiding Seminar Internasional PAI-Berkarakter 2013.
trackback

OLEH : PROF. DR. H. RAMAYULIS *1

I. Pendahuluan
Di berbagai negara pendidikan karakter telah menjadi prolinik. Pandangan pro dan kontra mewarnai diskursus pendidikan karakter sejak lama. Sejatinya, pendidikan karakter merupakan bagian esensial yang menjadi tugas lembaga pendidikan, tetapi selama ini kurang perhatian. Akibat minimnya perhatian terhadap pendidikan karakter dalam lembaga pendidikan menyebabkan berkembangnya berbagai patologi sosial di tengah masyarakat. Seyogiannya, lembaga pendidikan tidak hanya berkewajiban meningkatkan mutu akademis, tetapi juga bertanggung jawab dalam membentuk karakter peserta didik. Mutu akademis dan pembentukan karakter yang baik merupakan dua misi intergral yang harus mendapat perhatian lembaga pendidikan. Namun, tuntutan ekonomi dan politik pendidikan menyebabkan penekanan pada pencapaian akademis mengalahkan idealitas peran lembaga pendidikan dalam pembentukan karakter.
Walaupun di berbagai negara pendidikan karakter menjadi polemik namun pendidikan Islam sejak awal, Consern melaksanakan pendidikan karakter bahkan misi utama Rasulullah SAW sebagai pendidik agung adalah pendidikan karakter, yang dalam Islam disebut dengan akhlak.
Sabda Rasulullah SAW :
Artinya : “Aku di utus (oleh Allah SWT) untuk menyempurnakan dan mewujudkan akhlak mulia” (H.R. Bukhari dan muslim).
Sebagaimana kita ketahui bahwa Islam sebagai agama memuat seperangkat nilai yang menjadi acuan pemeluknya dalam berprilaku. Aktualisasi nilai yang benar dalam bentuk perilaku akan berimplikasi pada kehidupan yang positif di akhirat berupa pahala dan surga, sedangkan praktik nilai yang salah akan berimplikasi pada keluarga yang negatif, di akhirat berupa dosa dan neraka dan didunia kehidupan yang sengsara. Keseluruhannya telah termaktub di dalam al- Qur‟an dan al-Sunnah, meskipun cakupnanya bersifat umum dan tidak sampai membahas masalah-masalah teknik operasional secara mendetail.
Ciri utama nilai Islam adalah : (1) Bersifat dokriner yang diturunkan dari Allah SWT, meskipun dalam penafsiran doktrin itu masih terbuka lebar pintu ijtihad, yang berguna untuk membumikan dan menjabarkan ajaran-Nya dan (2) Kebenarannya bersifat mutlak dan tidak boleh dibantah dengan logika apapun. Meskipun penentuan aspek-aspek kemutlakan itu masih terdapat peluang ijtihad.
Keberartian Islam bagi umatnya tidak terbatas pada aspek-aspek credo dan ritus, tetapi meliputi seluruh aspek kehidupan manusia (a total way of life). Anjuran ber-Islam secara kaffah (conprehensive), dalam seluruh aspek kehidupan seperti yang dijelaskan dalam al-Qur‟an.
Firman Allah SWT :
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu. (Q.S. 2 :208).
Pendidikan Islam sebagai salah satu aspek kehidupan manusia banyak membahas manusia dalam segala dimensinya baik dimensi jasmani maupun dimensi rohaninya karena adalam pendidikan Islam manusia (peserta didik) berfungsi sebagai objek maupun sebagai subjek. Keberhasilan pendidikan Islam ditandai dengan terjadinya perubahan terutama perubahan karakter peserta didik.
Makalah ini akan menfakuskan pembahasan pada “Dasar-dasar Pendidikan Karakter dan Perkembangannya dalam sejarah Pendidikan Islam”.

II. Pengertian Karakter dan Pendidikan Karakter
1. Pengertian Karakter

Di dalam Ensiklopedi Indonesia dinyatakan bahwa karakter / watak adalah keseluruhan aspek perasaan dan kemauan menampak ke luar sebagai kebiasaan, pada cara bereaksi terhadap dunia luar, dan pada ideal-ideal yang diidam-idamkannya.
Karakter seseorang berdasarkan insting, bakat, kemauan dan bakat perasaan orang yang bersangkutan. Bagimana akhirnya karakter terbentuk tergantung pada pengalaman. 1

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: