jump to navigation

Lima Pilar Sejarah Pesisir Selatan April 30, 2008

Posted by wawasanislam in sejarah.
trackback

Alternatif Hari Jadi Pesisir Selatan

//Yulizal Yunus

(1) 19 Agustus 1621 dengan peristiwa penolakan tegas pembesar Pesisir Selatan terhadap kekuatan asing yang berpraktek imperialism dan mengarah colonialism, dan pengakuan Pagaruyung terhadap Pesisir (2) 7 Juni 1663, Perang Bayang (1663-1711), perlawanan rakyat sarat dengan rasa nasionalis menolak Belanda membuat loji VOC pertama di kawasan Sumatera Barat, yakni di Pulau Cingkuk tahun 1662, (3) 6 Juli 1663, Perjanjian Painan lanjutan dari Sandiwara Batangkapas. Sandiwara menolak kebijakan politik Sultan Iskandar Muda (Aceh) menjaga ketat bahkan hendak menutup kota pantai pelabuhan Samudrapura, Indrapura dalam berdagang lada dan emas, (4) 28 Januari 1667, pertemuan tingkat tinggi antara Raja Minangkabau dan Belanda yang salah satu solusinya adalah pengakuan terhadap eksistensi Pesisir Selatan sebagai bagian integral wilayah sub kultur Minangkabau, (5) 6 Juni 1701, kemarahan rakyat Pesisir Selatan terhadap tipuan Belanda menawarkan jasa memadamkan huru-hara sebagai mantel praktek imperialism mengarah colonialism, dengan membakar loji VOC di Indrapura.

Komentar»

1. rido - Mei 12, 2008

Ass…..jadi pobilo hari jadi pasisia ngku????
sampai kini ambo ndak tau pobilo ultah pasisia do,,padohal ambo urang batang kapeh asli….gaek ambo hanyo mancaritoan kaluarga sajo nyo ngku,,,,ambo mintak,,,angku namua mangirim jaweknyo sacaro panjang leba kok sampai itu nan ditatok an sabagai hari jadi e,,,tolong kirim ka email ambo yo ngku……..

2. marlin efendi - September 16, 2012

yang menjadi pertanyaan besar dalam hidup saya sapai sekarang ini adalah..belum di syahnya kerajaan besar yang berada di inderapura di kecamatan pancung soal tersebut..kami selaku anak nagari berharap kepada pemuka masyarat(petinggi-petingi adat)untuk memberi penjelasan kenapa sampai saat ini belum di akui dan disyahnya kerajaan inderapura yang bertepatan di muaro sakai tersebut,sementara bekas puing-puing dan makam para raja banyak di muara sakai tersebut..

wawasanislam - Januari 26, 2013

Sebuah kerajaan, disyahkan oleh salingkung alamnya. Kalau Indrapura alam Inrapura. Menjujung tinggi yang akan menjadi raja, sakto kaumnya. Tidak boleh dari pemerintah, Kalau diminta dari pemerintah jatuh martabatnya dan kebesaran kerajaan. Sebab, kalau pemerintah, dipastikan akan menjadi NGO, kalau begitu jadi kecil sebuah kerajaan. Jadi kalau belum juga, masalahnya kembalikan ke musyawarah kaum dan alam Indrapura…

3. Yanuardi - November 2, 2012

info :
Jejak sejarah dibalik SITUS di ranah Pesisir Selatan

Wassalam,

Yanuardi
yankendali@gmail.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: